Senin, 16 September 2013

Pengertian dan Contoh Search Engine

Search Engine. Search Engine dalam dunia Internet kata search engine mungkin tidak asing lagi ditelinga kita. Search engine merupakan mesin pencari, mesin pelacak, mesin penelusur anda bisa mencari apa saja dengan search engine tersebut dengan menggunakan keyword pada kotak pencarian. Ada berbagai macam search engine yang disediakan oleh pihak pelayanan internet contohnya : Google, Yahoo!, MSN, Bing, Ask, dll. Artikel ini akan saya jelaskan pengertian dan contoh search engine yang ada didunia.

1. Google

Google merupakan search engine yang populer dan paling banyak digunakan oleh pengguna internet didunia. Oleh sebab itu, tidaklah mengherankan jika search engine ini menempati posisi teratas dalam segi penggunaan dan pengeklikan oleh penduduk dunia. Selain menyediakan pencarian web, Google menyediakan jasa pencarian berita, dan gambar. Meski terbukti sebagai search engine paling unggul, bukan berarti Google tidak memiliki kelemahan.

Keunggulan Google yang paling utama adalah dalam jasa pencarian teks, terutama dari algoritma PageRank dan banyaknya jenis file yang diindeks Google. Sementara kelemahan yang paling mendasar, tentu saja tidak adanya pelayanan pencarian file, video, dan audio. Semoga ke depannya google melengkapi apa yang selama ini menjadi kelemahannya.

2. Yahoo!
 


Yahoo merupakan salah satu mesin pencari tertua yang ada di jagat internet. Yahoo merupakan salah satu portal terbesar di dunia selain MSN. Meski memiliki database sendiri, yahoo juga sangat terbantu oleh bantuan Google dalam hal pencarian web di internet.

Kelebihan Yahoo yang utama adalah dari segi direktorinya, juga ketersediannya pencarian Yellow pages dan peta (masih terbatas di Amerika Serikat). Sementara kelemaham mendasarnya, yakni tampilan pencarian yang tidak ramah dengan pengguna. Namun, Yahoo telah meminimalisasi kekurangannya tersebut dengan menyediakan search.yahoo.com.

3. MSN

MSN merupakan mesin pencari besutan Microsoft Network. Mesin pencari ini menawarkan jasa pencarian, baik dengan menggunakan kata kunci maupun directori. Sebagian besar pengguna Internet Explorer sudah dipastikan pernah menggunakan mesin pencari ini.

Keunggulan MSN terletak pada metode pencarian berupa peta, white pages, yellow pages, pekerjaan, serta pencarian rumah. Sementara itu, kelemahan yang paling mendasar dari MSN adalah tidak tersedianya jasa pencarian gambar ataupun berita.

4. Bing
Bing.com merupakan mesin pencari yang didirikan oleh Microsoft pada tahun 2009.  Bing.com menggunakan teknologi PowerSet, yaitu sebuah teknologi yang memungkinkan penggunanya memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat. Microsoft sebelumnya telah mengeluarkan tiga mesin pencari, yaitu MSN Search, Windows Live Search dan Live Search, akan tetapi ketiga mesin pencari tersebut belum mampu untuk menyaingi kedudukan Google.com sebagai penguasa mesin pencari di dunia internet, jadi bisa dikatakan bahwa Bing.com merupakan gabungan dari ketiga mesin pencari tersebut. Kata Bing sendiri tidak memiliki arti, namun Microsoft menggunakan kata Bing ini untuk mempermudah pengguna dalam mengingatnya. Bing sendiri terbagi dalam beberapa varian yaitu Bing Web, Bing Images, Bing Video, Bing News semua itu mempunyai spesialisasi masing-masing senuai dnegan namanya.

5. Ask




Ask.com merupakan salah satu mesin pencari ( search engine ) yang kini sedang populer. Ask.com didirikan pada tahun 1996 oleh Garret Gruener dan David Warthen. Ask.com pada awalnya bernama Ask Jeeves, Jeeves adalah nama dari seorang pelayan yang tugasnya mengambilkan jawaban dari setiap pertanyaan yang diberikan, oleh sebab itu Ask.com dapat diartikan menjadi mesin pencari yang memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan jawaban dari setiap pertanyaannya.

Mungkin beberapa itu dulu yang saya sampaikan di blog ini, semoga membantu wawasan anda mengenai search engine dan dapat menngunakannya sesuai dengan kebutuhan. ingat !! NO SITUS PORNO !! :)

2 komentar: